Minggu, 07 Oktober 2012

japanese for you 2( bahasa Jepang untuk anda 2 )


  1. Jangka Waktu

Sasaran Kompetensi :
§ Memberi Informasi Yang Berhubungan dengan jangka waktu : Tanggal, Bulan, Tahun,  Jam dan Hari
§ Mampu Membuat Jadwal kerja (Tanggal, Bulan, Jangka Waktu Perjalanan)
 

Keterangan kwantitas waktu :

Jam

Nanjikan          : Berapa jam
Ichijikan           : 1 Jam
Nijikan             : 2 Jam
Sanjikan          : 3 Jam
Yojikan            : 4 Jam
Gojikan            : 5 Jam
Rokujikan        : 6 Jam
Shichijikan       : 7 Jam
Hachijikan       : 8 Jam
Kujikan            : 9 Jam
Juujikan           : 10 Jam
           

Menit

Nanpun           : Berapa menit
Ippun               : 1menit
Nifun               : 2 menit
Sanpun            : 3 menit
Yonpun            : 4 menit
Gofun              : 5 menit
Roppun           : 6 menit
Nanafun          : 7 menit
Happun           : 8 menit
Kyuufun          : 9 menit
Jippun/Juppun : 10 menit

Detik

Nanbyou         : Berapa detik
Ichibyou          : 1 detik
Nibyou : 2 detik
Sanbyou          : 3 detik
Yonbyou          : 4 detik
Gobyou           : 5 detik
Rokubyou       : 6 detik
Nanabyou       : 7 detik
Hachibyou       : 8 detik
Kyuubyuo        : 9 detik
Juubyou          : 10 detik


Hari    


Nannichi          : berapa hari
Ichinichi           : 1 hari
Futsuka           : 2 hari
Mikka              : 3 hari
Yokka              : 4 hari
Itsuka              : 5 hari
Muika              : 6 hari
Nanoka           : 7 hari
Youka              : 8 hari
Kokonoka        : 9 hari
Touka              : 10 hari
Juuichinichi     : 11 hari
Juuninichi        : 12 hari
Juusannichi     : 13 hari
Juuyokka        : 14 hari
Juugonichi       : 15 hari
Juurokunichi   : 16 hari
Juushichinichi : 17 hari
Juuyouka        : 17 hari
Juukunichi       : 19 hari
Hatsuka           : 20 hari
Nijuuichinichi   : 21 hari
Nijuuninichi      : 22 hari
Nijuusannichi   : 23 hari
Nijuuyokka      : 24 hari
Nijuugonichi    : 25 hari
Nijuurokunichi: 26 hari
Nijuushichinichi : 27 hari
Nijuuyouka      : 28 hari
Nijuukunichi    : 29 hari
Sanjuunichi     : 30 hari
Dan seterusnya

Malam


Nanpaku         : berapa malam
Ippaku             : 1 malam
Nihaku             : 2 malam
Sanpaku          : 3 malam
Yonhaku          : 4 malam
Gohaku           : 5 malam
Roppaku         : 6 malam
Nanahaku       : 7 malam
Happaku         : 8 malam
Kyuhaku          : 9 malam
Juppaku          : 10 malam
Juuippaku       : 11malam


Minggu

Nanshuukan    : 1 minggu

Isshuukan        : 2 minggu
Nisshukan       : 3 minggu
Sanshuukan    : 4 minggu
Goshuukan     : 5 minggu
Rokushuukan  : 6 minggu
Nanashuukan  : 7 minggu
Hasshuukan    : 8 minggu
Kyuushuukan  : 9 minggu
Jisshuukan      : 10 minggu
dan seterusnya


Bulan


Nankagetsu     : berapa bulan
Ikkagetsu        : 1 bulan
Nikagetsu        : 2 bulan
Sangatsu         : 3 bulan
Shigatsu          : 4 bulan
Gogatsu          : 5 bulan
Rokkagetsu     : 6 bulan
Nanakagetsu   : 7 bulan
Hakkagetsu     : 8 bulan
Kyuukagetsu   : 9 bulan
Jukkagetsu     : 10 bulan
Juuikkagetsu   : 11 bulan
Dan seterusnya

 

Tahun


Nannen           : berapa tahun
Ichinen                        : 1 tahun
Ninen               : 2 tahun
Sannen                        : 3 tahun
Yonnen            : 4 tahun
Gonen             : 5 tahun
Rokunen         : 6 tahun
Nananen         : 7 tahun
Hachinen                  : 8 tahun
Kyuunen                   : 9 tahun
Juunen                     : 10 tahun
Sen kyuuhyakunen   : tahun 1900
Dan seterusnya          

Gurai/Kurai
Gurai/Kurai bisa juga digunakan untuk Menerangkan Jangka Waktu.
Seperti : Ichijikan Gurai, Isshuukan Gurai, Ichinichi Gurai, Ikkagetsu Gurai, Ichinen Gurai dan sebagainya.
Tentang Gurai / kurai ini telah dipelajari pada bab yang lain sebelumnya

Contoh :
·         Saya tidur malam kira-kira 9 jam                            : Watashi wa yoru kujikan gurai nemasu
·         Tamu Jepang menginap kira-kira 1 minggu           : Nihon no okyaku sama wa isshuukan gurai tomarimasu
·         Pak Tanaka belajar bahasa Indonesia kira-kira 2 tahun : Tanaka san wa nisennen gurai Indonesiago o benkyou shimasu
·         Pak Harison berwisata kira-kira 5 hari                    : Harison san wa itsuka gurai ryokou shimasu
·         Saya belajar Bahasa Jepang kira-kira 6 bulan        : Watashi wa rokkagetsu gurai nihongo o benkyou shimasu

ü  A : Sumimasen, okyaku sama nannichi gurai tomarimasu ka
(Tuan akan menginap kira-kira berapa hari)
B : Ichinichi gurai tomarimasu (saya mau menginap 1 hari)

ü  A : Sumimasen, okyaku sama nanpaku gurai tomarimasu ka
(Tuan akan menginap kira-kira berapa malam )
B : Ippaku gurai tomarimasu (saya mau menginap 1 hari)

Renshuu (Latihan)

  1. Anata wa mainichi nanjikan gurai nemasu ka
…………………………………………………………..
  1. Nihonjin wa kongetsu nannichi gurai kaisha o hairimasu ka
…………………………………………………………..
  1. Anata maishuu nannichi gurai nihongo o benkyou shimasu ka
…………………………………………………………..
  1. Anata wa nannen gurai eigo o benkyou shimasu ka
…………………………………………………………..
  1. Anata wa maitsuki shatsu o sentaku shimasu ka
…………………………………………………………..


*****************

  1. Sifat Benda
Sasaran Kompetensi :
§ Mampu mengungkapakan kalimat dengan menggunakan kata sifat menurut situasi dan kondisi
§ Mampu mengungkapkan kata sifat I dan kata sifat Na yang benar dalam aplikasi kalimat dalam menghadapi pelanggan

Kata Sifat ( keiyoushi )
Kata Sifat ( keiyoushi ) digolongkan menjadi 2 yaitu :
a.    Kata Sifat I ( I keiyoushi )
b.    Kata Sifat Na ( keiyoushi )

a.  Kata Sifat I ( I keiyoushi )
Adalah kata sifat yang berakhiran huruf I
seperti :

Hayai   :  cepat 
Takai    : tinggi / mahal
Tsuyoi  : kuat 
Atsui                : panas 
Omoshiroi       :  menarik 
dan sebagainya

Cara menggabungkan kata sifat I dengan kata benda :
Mobil yang cepat  à hayai kuruma
Baju yang mahal   à takai shatsu
Kamar yang luas   à hiroi heya
Anak yang kuat     à tsuyoi kodomo
Contoh :
  • Kore wa hayai kuruma desu (ini adalah mobil yang cepat)
  • Nohara kun wa tsuyoi kodomo desu (adik nohara adalah anak yang kuat)
  • Indonesia no hoteru no heya wa hiroi heya desu (kamar hotel Indonesia adalah kamar yang luas)
  • Anata no kuruma wa takai kuruma desu ka (apakah mobil kamu adalah mobil yang mahal ?)
Hai, watashi no kuruma wa takai kuruma desu (ya, mobil saya adalah mobil yang mahal)
  • Nihon no ryouri wa oishii tabemono desu  ka (apakah masakan Jepang adalah makanan enak ?)
Hai, Nihon no ryouri wa oishii tabemono desu (ya, makanan Jepang adalah makanan enak)

b.     Kata Sifat Na ( keiyoushi )
Adalah kata sifat yang berakhiran bukan huruf I, biasanya cenderung ditambahkan Na untuk menggabungkan dengan kata benda dan biasa dikatagorikan kata sifat Na.
Seperti :

Genki ( Na )          : Sehat, Semangat
Nigiyaka ( Na )      : Ramai
Suki ( Na )             : Suka
Benri ( Na )           : Praktis
Shizuka ( Na )       : Tenang
Joozu ( Na )       : Pandai
Yuumei ( Na )    : Terkenal
Kirei ( Na )          : Cantik
Dan Sebagainya

Ada beberapa kata sifat Na berakhiran huruf I tetapi bukan golongan kata sifat I.
Seperti : kirei ( na ), kirai ( na ), yuumei ( na), isshoukenmei ( na ) dan lain-lain.
Cara menggabungkan kata sifat I dengan kata benda :
Anak yang cerdas à jouzu na kodomo
Kamar yang bersih à kirei na heya
Hotel yang terkenal à yuumei na hoteru
Contoh :
  • Nohara kun wa jouzu na kodomo desu (adik nohara adalah anak yang cerdas)
  • Indonesia no hoteru no heya wa kirei na heya desu (kamar hotel Indonesia adalah kamar yang bersih)
  • Surakarta wa yuumei na machi desu (Surakarta adalah kota yang terkenal)
  • Suzuki kun wa genki na kodomo desu ka (apakah adik Suzuki adalah anak yang sehat ?)
Hai, Suzuki kun wa genki na kodomo desu (ya, adik Suzuki adalah anak yang sehat)
  • Surakarta wa Shizuka na machi desu ka (Apakah Surakarta adalah kota yang tenang ?)
Hai, Surakarta wa Shizuka na machi desu (ya, Surakarta adalah kota yang tenang)

Bentuk negative kata sifat
Kata Sifat I ( I keiyoushi )
Hayai (cepat)
Hayakunai (tidak cepat)
Takai (tinggi / mahal)
Takakunai (tidak tinggi / mahal)
Tsuyoi (kuat)
Tsuyokunai (tidak kuat)
Atsui (panas)
Atsukunai (tidak panas)
Omoshiroi (menarik)
Omoshirokunai (tidak menarik)

Kata Sifat Na ( keiyoushi )
Genki (Sehat, Semangat)
Genki dewa nai (tidak Sehat, Semangat)
Nigiyaka (Ramai)
Nigiyaka dewa nai (tidak Ramai)
Suki (Suka)
Suki dewa nai (tidak Suka)
Benri (Praktis)
Benri dewa nai (tidak Praktis)
Shizuka (Tenang)
Shizuka dewa nai (tidak Tenang)

Contoh :
  • Indonesia no tenki wa atsukunai desu (cuaca indonesia tidak panas)
  • Merapi san wa takakunai yama desu ( gunung merapi adalah gunung yang tidak tinggi)
  • Jawa no ryouri wa mazukunai desu (masakan Jawa adalah tidak hambar)
  • Nihon no machi wa nigiyaka dewa nai desu (kota Jepang adalah tidak ramai)
  • Hayashi san no karada wa tsuyoi desu ka (apakah badan pak Hayashi kuat?)
Iie, Hayashi san no karada wa tsuyokunai desu (tidak, badan pak Hayashi tidak kuat)
  • Indonesia no hoteru no heya wa kirei dewa nai desu ka (apakah kamar hotel Indonesia adalah bersih ?)
      Iie, Indonesia no hoteru no heya wa kirei dewa nai desu (Tidak, kamar hotel Indonesia tidak bersih)
Gabungan anatara 2 Kata Sifat :
·         Kata Sifat I à I menjadi kute
Akai + shiroi à akakute shiroi

Ookii + aoi + kirei à ookikute aokute kirei
·         Kata Sifat  na àna menjadi  de
Kirei na + shizuka na à kirei de shizuka
Benri na + joubu na + yasui à benri de joubu de yasui
Contoh : 
Kamar ini bersih dan luas :
>> Kono heya wa kirei de hiroi desu
Gedung Hotel Jepang tinggi dan terkenal dan indah
>> Nihon no hoteru no tatemono wa takakute yuumei de kirei desu
Pulau Bali adalah pulau yang indah ramai dan menarik :
>>Barito wa nigiyaka de omoshiroi tokai desu
Pesawat  adalah kendaraan yang praktis cepat dan  menyenangkan :
>> Hikouki wa benri de hayakute omoshiroi norimono desu
Makanan Jepang adalah makanan yang enak dan bersih :
>> Nihon no tabemono wa oishikute kirei na tabemono desu

Menangani Medical Emergency / Situasi Darurat

Apabila ada tamu yang sedang mengalami sakit, maka petugas bisa menanyakan :
  • Dou shitan desu ka              :  Apa yang terjadi ?
  • Dou shimashita ka               :  Apa yang terjadi ?
  • Nani ga gozaimasu ka         :  Ada sesuatu apakah ?
Kasus yang sedang dialami tamu
Atama ga itai desu                           :  Sakit kepala
Netsu ga arimasu                             :  Demam
Kaze o hiitan desu                            :  Masuk angin
Seki ga demasu                               :  Batuk-batuk
Jikou ga attan desu                          :  Terjadi kecelakaan ( jatuh, terbentur dan lain-lain )
Kaji ga arimasu                                :  Ada Kebakaran
Kega o shimasu                               :  Terluka
Onaka ga itai desu                           :  Sakit
Kushami ga demasu                        :  Bersin-bersin
Kibun ga warui desu                        :  Badan terasa tidak enak, greges-greges
Byouki ni narimasu                          :  Badan menjadi sakit
Kita bisa memberi bantuan dengan kalimat :

§  Chotto Kusuri o sagashimasu
Coba saya carikan obat

§  Kusuri o yoroshii desu ka
Apakah anda mau saya ambilkan  obat

§  Kyuukyuusha o denwa shimasu, shibaraku omachi kudasai
Coba saya telponkan ambulan ,mohon tunggu sebentar

§  Oisha o yobimasu ka , yoroshii desu ka
Apakah perlu saya panggilkan Dokter?  


Renshuu (Latihan)

  1. Anata n shatsu wa atarashii desu ka
Hai, ……………………………………..
  1. Hayashi sensei no kuruma wa takai desu ka
Iie, ………………………………………………….
  1. Suzuki san no uchi wa ookii uchi desu ka
Hai, ……………………………………………..
  1. Nihon no machi wa shizuka na machi desu ka
Iie, ………………………………………………..
  1. Indonesia no hoteru no heya wa kirei de hirokute rippa na heya desu ka
Hai,………………………………………………………………………….

******************

  1. Jadwal Kegiatan

Sasaran Kompetensi :
§ Mampu Memberi Informasi Yang Berhubungan dengan Jadwal  tujuan perjalanan.
§ Mampu Membuat Jadwal kegiatan (Arah Perjalanan, tujuan dan lain-lain)
Partikel E
E artunya ke sebagai arah gerakan
Kata Kerja yang biasa digunakan adalah kata kerja pergerakan / perpindahan seperti :
Pergi                : Ikimasu à gerakan menjauhi si pembicara
Datang                        : Kimasu  à gerakan mendekati si pembicacara
Pulang             : kaerimasu
Berangkat       : Shuppatsu shimasu
Sampai            : Tsukimasu
Dan seterusnya          
Keterangan Tempat + E  + Ikimasu / Kimasu / Kaerimasu : Pergi  /  Datang /  Pulang ke …ket. Tempat …
Subyek WA Keterangan Tempat E Ikimasu / Kimasu / Kaerimasu
>> Subyek Pergi  /  Datang /  Pulang ke …ket. Tempat …
Dalam  hal ini partikel NI juga bisa digunakan, selain partikel E
Keterangan Tempat + NI + Ikimasu / Kimasu / Kaerimasu : Pergi  /  Datang /  Pulang ke …ket. Tempat
Subyek WA Keterangan Tempat NI Ikimasu / Kimasu / Kaerimasu
>> Subyek Pergi  /  Datang /  Pulang ke …ket. Tempat …
Bila ada keterangan tempat , maka bisa diletakkan sesesudah atau sebelum subyek
Contoh :
·         Pergi ke stasiun                                                       : Eki ni ikimasu
·         Datang ke sekolah ( si pembicara ada di sekolah )  : Gakkou ni kimasu
·         Saya pergi ke solo                                                   : Watashi wa soro ni ikimasu
·         Pak tanaka datang ke sini                                       : Tanaka san wa koko ni kimasu
·         Tamu Jepang pulang ke Jepang                             : Nihon no okyaku sama wa nihon ni kaerimasu
Bila ada keterangan waktu , maka bisa diletakkan sesesudah atau sebelum subyek :
Subyek + W A + keterangan waktu +  Keterangan Tempat E / NI Ikimasu / Kimasu / Kaerimasu
Atau :
Keterangan waktu +  Subyek + W A + Keterangan Tempat E / NI Ikimasu / Kimasu / Kaerimasu ,
>> Subyek Pergi  /  Datang /  Pulang ke …ket. Tempat … pada …ket. Waktu
Contoh :
  • Saya pergi ke solo pada hari minggu
>> Watashi wa nichiyoubi ni soro e ikimasu
  • Minggu depan Pak Yamada datang ke hotel Indonesia
>> Raishuu Yamada san wa Indonesia no hoteru e kimasu
  • Tahun depan saya dan teman-teman berwisata ke Jepang
>> Rainen Watashi to tomodachi wa nihon e ryokou shimasu
  • Tuan Tamu datang kesini kapan ?     : Okyaku sama wa itsu koko e kimasu
Saya datang kesitu besok                  : Watashi ashita soko e ikimasu ( tidak memakai kimasu, karena berbeda tempat dengan si penanya )
Dalam bentuk kalimat Negatif, partikel E ditambah MO  biasanya dalam Kalimat negatif total
Contoh :  
  • Besok kamu pergi kemana ?                         :  Ashita anata wa doko e ikimasu ka
Besok saya pergi ke super market                 : Ashita watashi wa suupaa  e ikimasu
Besok saya tidak pergi kemanapun               : Ashita watashi wa doko e mo  ikimasen
  • Hari ini Tuan Tamu pergi kemana ?               : Okyaku sama wa kyou doko e ikimasu ka
Hari ini Tuan Tamu pergi ke bandara             : Watashi wa kyou kukou e ikimasu
Tuan Tamu hari ini tidak pergi kemanapun    : Watashi wa kyou doko e mo ikimasen


Berbeda dengan bentuk Tanya penegasan partkel E tidak berubah dalam bentuk negative :
Apakah besok kamu pergi ke Amerika ?       : Anata wa ashita Amerika e ikimasu ka
Ya, besok saya tidak pergi ke Amerika          : Hai, watashi wa ashita Amerika e ikimasu
Tidak, besok saya tidak pergi ke Amerika     : Iie, watashi wa ashita Amerika e ikimasen

Renshuu (Latihan)

  1. Kinou anata wa gakkou e ikimashita ka
Hai, ………………………………………
  1. Kyonen anata no kazoku wa bari e ikimashita ka
Iie, ………………………………………
  1. Ashita aoki sensei wa koko ni kimashita ka
Hai, ………………………………………
  1. Raishuu anata wa suupaa e ikimasu ka
Iie, ………………………………………
  1. Saki kimura san jibun no uchi e kaerimashita ka
Iie , ………………………………………
  1. Kondono nichiyoubi ni anata wa doko e ikimasu ka
(+), ………………………………………

******************


  1. Bahasa Merendah ( sopan )
Sasaran Kompetensi :
§  Mampu mengetahui pemakaian Bahasa sopan dan aplikasinya dalam suatu kalimat
§  Mampu merangkai kalimat dengan menggunakan Bahasa sopan dalam kalimat
§  Mampu mendemonstrasi-kan kalimat yang berhubungan dengan Bahasa sopan dalam kehidupan sehari-hari dan lingungan kerja
Bahasa merendah ( Kenjougo )
Bila Go / O  + kata benda berarti menyatakan kata yang mempersopan / memperhalus bahasa. Biasanya sisipan ini lebih cocok  digunakan oleh kaum wanita. Kaum Pria juga bisa menggunakannya tetapi hanya pada beberapa kata yang tergolong umum digunakan, seperti :
Ocha (teh) , Ogenki (sehat / semangat), Onamae (nama), Oyu (air panas) dan sebagainya
Contoh  yang dipakai untuk kaum pria :
Ojuusho                       : alamat
Otoshi                          : umur
Gosouji                        : pembersihan
Gokekkon                   : pernikahan
Gosentaku                  : pencucian ( pakaian )
Dan sebagainya.        
Bila Go / O  + kata benda / Akar Masu Kei + shimasu ( mengerjakan ), maka menjadi bahasa merendah yang mengandung maksud bahasa merendahkan untuk si pembicara.
Contoh :
  • Odenwa shimasu     à  ( saya ) menelpon
  • Goannai shimasu     à  ( saya ) mengantar
  • Omochi shimasu      à ( saya ) membawa mengangkat
  • Otetsudai shimashouka          à        bolehkah saya  tolong / bantu ( penawaran jasa )
  • Menunggu                   : Omachi shimasu
  • Membawa                   : Omochi shimasu
  • Membersihkan            : Gosouji shimasu
  • Mengantar                   : Goannai shimasu
  • Mencuci (pakaian)      : Gosentaku shimasu
Dalam bahasa Jepang biasanya kalau subyeknya sudah jelas maka kadang-kadang Subyek atau Obyeknya tidak disebutkan.
Contoh :
  • Saya ( akan ) membawa tas Tuan Tamu                  : Okyaku sama  no kaban o omochi shimasu
  • Saya akan mengecek reservasi Anda                       : Yoyaku o oshirabe shimasu
  • Saya menunggu kedatangan tuan Tamu                   : Okyaku sama ni omachi shimasu
  • Saya akan mempersiapkan kamar ( untuk anda )    : Heya o gojunbi shimasu
  • Saya akan mengantar anda ke front office               : Furonto e goannai shimasu

Renshuu (Latihan)

  1. Sumimasen, takushii o oyobi shimasu ka
Hai, …………………………………………..
  1. Sumimasen, tabemono o gojunbi shimasu ka
Iie,………………………………………………….
  1. Sumimasen, nani o otsuki shimasu ka
Hai, eakon o ………………………….
  1. Sumimasen, okyaku sama no heya o gosouji shimasu ka
Hai, …………………………………………………………..
  1. Sumimasen, okyaku sama no fuku o gosentaku shimasu ka
Iie, ………………………………………………………………..


******************

  1. Kwantitas Benda

Sasaran Kompetensi :
§  Mampu mengetahui pemakaian kata keterangan kwantitas benda dan aplikasinya dalam suatu kalimat
§  Mampu merangkai kalimat dengan menggunakan kata keterangan kwantitas benda dalam kalimat
§  Mampu mendemonstrasikan kalimat yang berhubungan dengan kata keteranangan Kwantitas benda dalam kehidupan sehari-hari dan lingungan kerja
 

Ikutsu : Berapa buah
( untuk menyebutkan kwantitas benda yang umum / untuk semua benda )

Hitotsu             : 1 buah
Futatsu                        : 2 buah
Mittsu              : 3 buah
Yottsu              : 4 buah
Itsustu              : 5 buah
Mutsu              : 6 buah
Nanatsu           : 7 buah
Yatsu               : 8 buah
Kokonotsu       : 9 buah
Too                  : 10 buah
Juu ichi            : 11 buah
Juu ni              : 12 buah

Catatan : untuk jumlah yang lebih dari sepuluh menggunakan angka biasa.

Nanko : Berapa barang ( untuk menyebutkan kwantitas benda yang kecil )

Ikko     : 1 buah / biji
Niko     : 2 buah / biji
Sanko  : 3 buah / biji
Yonko  : 4 buah / biji
Goko   : 5 buah / biji
Rokko : 6 buah / biji
Nanako           : 7 buah / biji
Hachiko           : 8 buah / biji
Kyuuko            : 9 buah / biji
Juuko              : 10 buah / biji
Juuikko           : 11 buah / biji


Nannin : Berapa orang ( untuk menyebutkan jumlah orang )

Hitori          : 1 orang
Futari         : 2 orang
Sannin       : 3 orang
Yonin         : 4 orang
Gonin        : 5 orang
Rokunin     : 6 orang
Nananin           : 7 orang
Hachinin          : 8 orang
Kyuunin           : 9 orang
Juunin             : 10 orang
Juuichinin        : 11 orang
Dan seterusnya


Nanmei : Berapa orang ( untuk menyebutkan jumlah orang)
Nanmei cenderung lebih sopan daripada Nannin

Ichimei            : 1 orang
Nimei               : 2 orang
Sanmei                        : 3 orang
Yonmei            : 4 orang
Gomei             : 5 orang
Rokumei         : 6 orang
Nanamei         : 7 orang
Hachimei         : 8 orang
Kyuumei          : 9 orang
Juumei                        : 10 orang
Juuichimei       : 11 orang
Dan seterusnya


Keterangan Bilangan dalam kalimat  :
Subyek + wa + ket. Bilangan + arimasu / imasu
>> subyek ( berjumlah ) ada …ket. Bilangan…
Subyek + wa + ket. Tempat  NI +  ket. Bilangan + arimasu / imasu
>> Subyek di ..ket. waktu …( berjumlah ) ada …ket. Bilangan..
Ket. Tempat  NI +  Subyek + ga + ket. Bilangan + arimasu / imasu
>> di ..ket. waktu … subyek (  berjumlah ) ada …ket. Bilangan..

Contoh : 
§  Ada 5 buah mobil               : Kururma wa itsutsu arimasu
§  Ada 7 orang                        : Hito wa shichinin imasu
§  Ada 3 jam                           : Tokei wa sanko arimasu
§  Ada satu buah AC di dalam kamar                        : Eakon wa heya no naka ni hitotsu arimasu
§  Di dalam hotel solo ada 15 orang Tamu                : Hoteru no naka ni okyaku sama wa juugomei imasu
§  Ada berapa buku di dalam tas?                             : Hon wa Kaban no naka ni ikutsu arimasu ka
 Ada 8 buku di dalam tas                                       : Hon wa kaban no naka ni yotsu arimasu
 Di dalam tas tidak ada satupun buku                    : Hon wa kaban no naka ni hitotsu mo  arimasen

§  Di dalam kamar ada berapa orang tamu Jepang ?         :  Heya no naka ni nihon no okyaku sama wa nanmei imasu ka
Di dalam kamar ada 2 orang tamu Jepang                      : Heya no naka ni nihon no okyaku sama wa nimei imasu 
Di dalam kamar tidak ada seorangpun tamu Jepang      :  Heya no naka ni nihon no okyaku sama wa ichimei mo imasen
Renshuu (Latihan)

  1. Hon wa kaban no naka ni ikutsu arimasu ka
(+) …………………………………………………………
  1. Kuruma wa chuushajo no naka ni ikutsu arimasu ka
(+) …………………………………………………………
  1. Hoteru no heya no naka ni beddo ga ikutsu arimasu ka
…………………………………………………………………
  1. Robii no mae ni okyaku sama ga nanmei imasu ka
(-) ……………………………………………………
  1. Kyoushitsu no soto ni gakusei ga nannin imasu ka
(-) ……………………………………………………


******************

  1. Kegunaan Benda

Sasaran Kompetensi :
§  Mampu mengetahui pemakaian kegunaan benda dan aplikasinya dalam suatu kalimat
§  Mampu merangkai kalimat dengan menggunakan Kegunaan Benda dalam kalimat
§  Mampu mendemonstrasi-kan kalimat yang berhubungan dengan Kegunaan Benda dalam kehidupan sehari-hari dan lingungan kerja
§  Mampu menyebutkan alat transportasi dan waktu yang dibutuhkan
 

Partikel De
Partikel De : Dengan
Kata Benda  + DE + Doushi Masu
Subyek + WA + Kata Benda + DE + Obyek + O / E + Doushi Masu
>> subyek melakukan Kata Kerja pada Obyek dengan kata benda

Contoh :
Saya pergi ke solo dengan ( naik ) mobil                                  :  Watashi wa kuruma de soro e ikimasu
Pak yamada datang ke Indonesia  dengan ( naik ) pesawat    :  Yamada san wa hikouki de Indonesia e ikimasu
Orang Jepang makan mie dengan sumpit                                :  Nihonjin wa hashi de raamen o tabemasu
Pak John makan spaghetti dengan garpu                                 :  Jon san wa fooku de supagetti o tabemasu

Kara Dan Made
Kara artinya dari , sedang  made artinya sampai
A Kara B Made : dari A sampai B
A Kara B Made Ket. Kwantitas Waktu kakarimasu
>> Dari A sampai B membutuhkan waktu ……..
A Kara B Made + Kata Benda +  De + Kwnatitas Waktu kakarimasu 
>> Dari A sampai B dengan Kata Benda memerlukan Kwnatitas Waktu
A Kara B Made + Kata Kerja Bentuk TE + Kwnatitas Waktu kakarimasu 
>> Dari A sampai B dengan Kata Kerja memerlukan Kwnatitas Waktu

Contoh :
§  Dari Indonesia sampai Jepang                  : Indonesia kara nihon made
§  Dari musim semi sampai musm dingin     : Haru kara fuyu made
§  Dari Jogja pergi sampai Solo dengan ( naik ) mobil membutuhkan waktu 2 jam
>> Joguja kara soro made kuruma de nijikan kakarimasu
§  Dari tokyo pergi sampai nagoya dengan ( naik ) kereta api shinkansen membutuhkan beaya 10 ribu yen
>> Toukyou kara Nagoya made shinkansen de ichiman yen kakarimasu
§  Dari Jepang  sampai Indonesia  dengan ( naik ) pesawat membutuhkan waktu kira-kira bagaimana ?
>> Nihon kara Indonesia  made hikouki de dono gurai kakarimasu ka
§  Dari Jepang  sampai Indonesia  dengan ( naik ) pesawat membutuhkan waktu kira-kira 7 jam
>> Nihon kara Indonesia  made hikouki de shichijikan kakarimasu
§  Dari rumah kamu sampai sekolah dengan ( naik ) sepeda membutuhkan waktu kira-kira berapa jam ?
>> Anata no uchi kara gakkou made jitensha de nanjikan gurai kakarimasu ka
§  Dari rumah kamu sampai sekolah dengan ( naik ) sepeda membutuhkan waktu kira-kira 1 jam
>> Anata no uchi kara gakkou made jitensha de ichijikan gurai kakarimasu
§  Dari Hotel Indonesia sampai Bank  dengan berjalan kaki  membutuhkan waktu kira-kira berapa jam ?
>> Indonesia no hoteru kara ginkou made aruite nanjikan gurai kakarimasu
§  Dari Hotel Indonesia sampai Bank  dengan berjalan kaki membutuhkan waktu kira-kira 7 jam
>> Indonesia no hoteru kara ginkou made aruite shichijikan gurai kakarimasu

Renshuu (Latihan)

  1. Soro kara jakaruta made basu de nanjikan gurai kakarimasu ka
…………………………………………………………………………….
  1. Anata no uchi kara gakkou made aruite dono gurai kakarimasu ka
…………………………………………………………………………….
  1. Indonesia kara nihon made fune de dono gurai kakarimasu ka
…………………………………………………………………………….
  1. Surabaya kara jakaruta made jitensha de dono gurai kakarimasu ka
…………………………………………………………………………….
  1. Aurabaya kara jakaruta made hikouki de dono gurai kakarimasu ka
…………………………………………………………………………….



******************

  1. Tempat Kegiatan

Sasaran Kompetensi :
§  Mampu mengetahui pemakaian partikel DE dan aplikasinya dalam suatu kalimat
§  Mampu merangkai kalimat dengan menggunakan Keterangan tempat dalam kalimat
§  Mampu mendemonstrasikan kalimat yang berhubungan dengan Keterangan tempat dalam kehidupan sehari-hari dan lingungan kerja
 

Partikel De : Di
Keterangan Tempat DE Doushi Masu
>> Melakukan … di keterangan tempat
Subyek  WA  Keterangan Tempat  DE  Doushi Masu
>> Subyek melakukan kata kerja di ket. tempat 
Subyek  WA Keterangan Tempat  DE  Obyek O  Doushi Masu
>> Subyek melakukan kata kerja pada Obyek  di ket. tempat 

Contoh  :

·         Ibu membuat masakan di dapur            : Haha wa daidokoro de ryouri o tsukurimasu

·         Tamu Jepang makan pagi di restoran   : Nihon no okyaku sama wa resutoran de asa gohan o tabemasu

·         Pak Yamada  minum kopi di kedai       : Yamada san wa kissaten de koohii o nomimasu    

·         Tamu Jepang Tidur di kamar                : Nihon jin wa heya de nemasu
·         Saya meletakkan cucian di beranda     : Watashi wa sentaku o beranda  hosimasu
·         Anata wa doko de shatsu o kaimasu ka (kamu membeli baju dimana?)
Watashi wa youhinten de shatsu o kaimasu (saya membeli baju di toko pakaian)
·         Mosuremu wa doko de oinori shimasu ka (orang islam bersembahyang di mana?)
Mosuremu wa mosuku de oinori shimasu (orang islam bersembahyang di masjid)

Renshuu (Latihan)

  1. Anata wa doko de nihongo o benkyou shimasu ka
…………………………………………………………
  1. Gakusei wa doko de suugaku o benkyou shimsu ka
…………………………………………………………
  1. Anata wa doko de hiru gohan o tabemasu ka
………………………………………………………………
  1. Juugyouin wa doko de kuruma o kumitatemasu ka
………………………………………………………………
  1. Isha wa doko de shigoto o shimasu ka
……………………………………………

******************


  1. Komunikasi lewat telepon

Sasaran Kompetensi :
§ Mampu menggunakan kalimat yang benar dalam bertelepon menghadapi pelanggan
§ Mampu menelpon pelanggan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar menurut situasi dan kondisi
§ Mampu menerima telepon dari pelanggan menurut permintaan yang diinginkan pelanggan


 


Kata-kata yang sering digunakan dalam bertelepon dengan Bahasa Jepang :

Moshi moshi                            : Halo
Onegaishimasu                       : Mohon amat sangat ketemu dengan ...
To moushimasu                      : Menelpon
Mata ashita                             : Sampai besok
Mata denwa shimasu              : Sampai menelpon lagi
Shitsureishimasu                     : Permisi dulu
Sumimasen, Machigaimasu   : Maaf, Salah sambung

Kata Sambung Ga, Kedo, Keredomo
Kalimat I Ga Kalimat II                               : kalimat I kemudian kalimat II
Kalimat I Kedo Kalimat II                          : kalimat I kemudian kalimat II
Kalimat I Keredomo Kalimat II                 : kalimat I kemudian kalimat II

Contoh : 
Moshi moshi, Indonesia no hoteru desu keredomo, ari to moushimasu ga, dochira sama desu ka
Halo,Saya disini hotel Indonesia,saya ari , siapakah tuan ?

Moshi moshi, Indonesia hoteru no ari desu kedo, tanaka san ga imasu ka
Halo,Saya disini hotel Indonesia,saya ari ,apakah tuan Tanaka ada ?

Sumimasen ga , onamae onegaishimasu
Mohon maaf, tolong sebutkan namanya

Renshuu

  1. Moshi moshi, Indonesia no hoteru no Ari san desu kedo, dochira sama desu ka
……………………………………………………………
  1. Moshi moshi, aoki desu keredomo, Hayashi san no otake desu ka
Sumimasen, …………………………………………..
  1. Moshi moshi Toyota kougyou no sato desu ga, Suzuki san ga imasu ka
Hai, …………………………… chotto matte kudasai
  1. Okano to moushimasu ga Okada san no uchi desu ka
Hai, ……………………………………….
  1. …………………………………. Tomoko san desu ka
Hai, Tomoko desu, dochira sama desu ka


1.    A : Moshi moshi, soro no hoteru desu keredomo, Budi to moushimasu ga, dochira sama desu ka
      ( Halo,Saya disini hotel solo, saya Budi , siapakah tuan ? )
B : Moshi moshi , watashi wa Yamada desu ( halo , saya Yamada )
Nihon no okyaku sama no Tanaka san o onegaishimasu
( mohon minta ketemu denga Paka Yamada tamu Jepang )
A : Shibaraku omachi kudasai ( mohon tunggu sebentar )

2.    A : Moshi moshi, Indonesia hoteru no ari desu keredomo , Tanaka san no otaku desu ka
            ( Halo,Saya disini hotel indonesia,saya ari ,apakah ini betul rumah tuanTanaka ? )
B : Sumimasen, machigaimasen ( maaf salah sambung )
A : Aa, sou desu ka ( oh begitukah )
B : hai, sou desu ( ya, benar begitu )

3.    A : Moshi moshi, Wati desu keredomo , Kaori san no otaku desu ka
            ( Halo,Saya disini saya Joko,apakah ini betul rumah nyonya Kaori ? )
B : Hai, sou desu ( Ya, benar ) 
nan deshou ka ( ada apa ? )

A : Kaori san ga imasu ka  ( Apakah ada nyonya Kaori ? )
B : Sumimasen, imasen ga, dekakete imasu
 ( maaf tidak ada, sedang keluar )
A : Araa, sou desu ka ( oh begitukah )
            Mata denwa shimasu ( Saya akan menelpon lagi )
            Shitsureishimasu         ( Permisi dulu )



******************

15.   Ungkapan Keinginan

Sasaran kompetensi :
§  Mampu merangkai kalimat dengan menggunakan Ungksapan keinginan dalam kalimat
§  Mampu mendemonstrasikan kalimat yang berhubungan dengan Ungksapan keinginan dalam kehidupan sehari-hari dan lingungan kerja
§  Mampu menanggapi kalimat dari pelanggan dengan menggunakan ungkapan keinginan

Kata Kerja Bentuk Keinginan  / __ Tai
Bentuk masu
Bentuk tai
Arti
Kaimasu
Kaitai
Membeli
Mochimasu
Mochitai
Membawa / Memegang
Tomarimasu
Tomaritai
Menginap / Berhenti
Yobimasu
Yobitai
Memanggil
Yasumimasu
Yasumitai
Istirahat
Shinimasu
Shinitai
Meninggal/Mati
Kikimasu
Kikitai
Mendengar/Bertanya
Isogimasu
Isogitai
Terburu-Buru/Cepat-Cepat
Hanashimasu
Hanashitai
Berbicara
Okimasu
Okitai
Bangun Tidur
Tabemasu
Tabetai
Makan
Ryokou Shimasu
Ryokou Shitai
 Berwisata
Motte Kimasu
Motte Kitai
Datang Membawa








Untuk kata ganti orang I dan kedua II :
Akar masu kei / Kata Kerja bentuk sopan  + tai : Ingin melakukan Kata Kerja
S ( I / II ) +  Wa + obyek + O + Akar masu kei tai  :  Subyek ingin melakukan kata kerja pada obyek
Untuk kata ganti orang III :
Akar masu kei / Kata Kerja bentuk sopan  + tagarimasu  : Ingin melakukan Kata Kerja
S ( III ) +  Wa + obyek + O + Akar masu kei tagarimasu  : Subyek ingin melakukan kata kerja pada obyek
Perubahan bentuk Tai dalam kalimat negatife :
Akar masu kei tai                  à Akar masu kei takunai
Akar masu kei tagarimasu   à Akar masu kei tagarimasen
Contoh :
Saya ingin membersihkan kamar                                 : Watashi wa heya o souji shitai desu ka
Kamu ingin makan apa ?                                               : Anata wa nani o tabetai desu ka
Minggu depan saya ingin pergi ke Jakarta                    : Raishuu Watashi wa Jakarta e ikitai desu
Pak yamada ingin mencuci baju                                   : Yamada san wa shatsu o sentaku shitagarimasu
Teman saya ingin bertamasya ke Jepang                    : Watashi no tomodachi wa nihon e ryokou shitagarimasu
Tamu jepang ingin berbelanja ingin ke super market    : Nihon no okyaku sama wa suupaa e kaimono shitagarimasu
·         Anda ingin pergi kemana ?                                         : Anata wa doko e ikitai desu ka
 Saya ingin pergi ke Bandara                                     : Watashi wa kuukou e ikitai desu ka
·         Apakah Anda ingin minum bir ?                                 : Anata wa biiru o nomitai desu ka
 Tidak, saya tidak ingin minum bir                              : Watashi wa biiru o nomitakunai desu
·         Tuan Tamu sedang ingin makan apa ?                      : Okyaku sama wa nani o tabetai desu ka
 Saya sedang tidak ingin makan apapun                   : Watashi wa nanimo tabetakunai desu
·         Pak Tanaka pergi  kemana ?                                     : Tanaka san wa doko e ikitagarimasu ka
 Pak Tanaka ingin pergi ke pantai                              : Tanaka san wa kaigai e ikitagarimasu
·         Apakah Pak yamada ingin makan nasi goreng ?      : Yamada san wa  nashi goren o tabetagarimasu ka
 Tidak,  Pak yamada Tidak ingin makan nasi goreng : Iie, Yamada san wa nashi goren o tabetagarimasen

Renshuu (Latihan)

  1. Anata wa nihon no ryouri o tabetai desu ka
Hai, ……………………………………………..
  1. Anata wa amerika no ryouri o tabetai desu ka
Iie , ……………………………………………..
  1. Anata wa doko e ikitai desu ka
(-) …………………………………
  1. Okyaku sama wa nani o nomitai desu ka
(-) …………………………………
  1. John san wa nani o kaitagarimasu ka
(+) …………………………………

1.      A : Sumimasen, tomaritai desu ga, heya ga mada arimasu ka
 ( Permisi saya ingin menginap ,apakah masih ada kamar? )
B : Hai , mada arimasu ( ya, masih )

2.      A : Moshi moshi, yoyaku shitai desu keredomo, heya ga mada arimasu ka
             ( Halo,  saya ingin menginap ,apakah masih ada kamar? )
        B : Sumimasen ga, zenbu tsukatte arimasu



******************

                                                                                                       16.     Perintah  Sopan

Sasaran Kompetensi :
§  Mampu mengetahui pemakaian perintah sopan dan aplikasinya dalam suatu kalimat
§  Mampu merangkai kalimat dengan menggunakan perintah sopan dalam kalimat
§  Mampu mendemonstrasi-kan kalimat yang berhubungan dengan perintah sopan dalam kehidupan sehari-hari dan lingungan kerja
§  Mampu menggunakan perintah yang sopan dan benar kepada pelanggan


 
Kata kerja Bentuk TE (Tekei)

Grup
Akhiran
Kata Kerja
Jishou Kei
Kata Kerja Dasar
TE Kei
Kata Kerja Bentuk TE
Imi / Arti
I
(Godan Doushi)
..U
..Tsu
..Ru
..Bu
..Mu
..Nu
..Ku
..Gu
..Su
Kau
Motsu
Tomaru
Yobu
Yasumu
Shinu
Kiku
Isogu
Hanasu
Katte
Motte
Tomatte
Yonde
Yasunde
Shinde
Kiite
Isoide
Hanashite
Membeli
Membawa / Memegang
Menginap / Berhenti
Memanggil
Istirahat
Meninggal/Mati
Mendengar/Bertanya
Terburu-Buru/Cepat-Cepat
Berbicara
II
(Ichidan Doushi)
..Iru
..Eru
Okiru
Taberu
Okite
Tabete
Bangun Tidur
Makan
III
(Fukisoku Doushi)
Kuru
Suru
Motte Kuru
Ryokou Suru
Motte Kite
Ryokou Shite
Datang Membawa
Berwisata

Kata kerja Bentuk TE (Tekei) bisa digunakan dalam berbagai hal kata / kalimat, seperti kata sambung, kalimat bentuk sedang ,  kalimat perintah / larangan sopan, kata gabungan dan lain-lain. Sedang yang akan dibahas dalam materi ini adalah kalimat perintah / larangan sopan.
Pola kalimat :
§ Kata Kerja Bentuk TE yang ditambah dengan kudasai berarti menyatakan kalimat perintah bentuk sopan
§ Kata Kerja Bentuk TE yang ditambah dengan kudasaimasenka berarti menyatakan kalimat perintah bentuk sangat sopan
§ Kata Kerja Bentuk NAI yang ditambah DE kudasai berarti menyatakan kalimat larangan bentuk sopan
§ Kata Kerja Bentuk NAI yang ditambah DE kudasaimasenka berarti menyatakan kalimat larangan bentuk sangat sopan
Pola kalimat :
·         Kata Kerja Bentuk TE kudasai                          : Silahkan melakukan Kata Kerja
·         Kata Kerja Bentuk TE Kudasaimasenka          : Sudilah Kiranya   melakukan Kata Kerja
·         Kata Kerja Bentuk NAI DE kudasai                  : Mohon Janganlah melakukan Kata Kerja
·         Kata Kerja Bentuk NAI DE kudasaimasenka   : Sudilah kiranya Janganlah melakukan Kata Kerja

Contoh :
·         Silahkan anda duduk di kursi                             : Isu ni suwatte kudasai
·         Silahkan anda menulis nama anda disini          : Koko ni onamae kaite kudasai
·         Silahkan anda mememeriksa bill anda             : Roukin o chekku shite kudasai
·         Silahkan anda menunggu sebentar                   : Shibaraku matte kudasai
·         Silahkan anda menikmati pelayanan hotel        : Hoteru no saabisu o tsukatte kudasai
·         Sudilah Kiranya  anda masuk ke kamar           : Heya ni haitte kudasaimasen ka
·         Sudilah Kiranya  anda pergi ke front office       : Furonto ni itte kudasaimasen ka
·         Mohon janganlah makan di tempat tidur           : Beddo ni tabenaide kudasaimasen ka
·         Mohon janganlah menaruh cucian di beranda : Beranda ni sentaku o hosanaide kudasaimasen ka
·         Sudilah kiranya anda jangan merokok di sini    : Koko ni tabako o suwanaide kudasaimasen ka

Renshuu (Latihan)

  1. Sumimasen, shatsu o sentaku shimashou ka
Hai, ………………………………………………….
  1. Sumimasen, mado o shimashou ka
Iie, ………………………………………………….
  1. Sumimasen, nani o tetsudaimashou ka
(+) Nimotsu o ……………………………………..
  1. Sumimasen botan o oshite …………………………. Ka
Hai, yoroshii desu.
  1. Sumimasen, koko ni suwaranai………………………..ka
A, sumimasen, wakarimasen.

  • A          : Sumimasen, Kurejitto kaado kashite kudasaimasenka
                          Maaf, Mohon pinjamkan   kartu kredit anda
B          : Hai , douzo
                Ya , silahkan
  • Sumimasen, doa o akemashou ka (permisi, bolehkah saya bukakan pintu?)
Hai, doa o akete kudasai (ya, tolong bukakan pintu)
  • Sumimasen senpuki o tsukemashou ka (permisi, bolehkah saya hidupkan kipas angin?)
Iie, senpuki o tsukenaide kudasai ( tidak, jangan hidupkan kipas angin)


******************

                                                                                                        17.     Permintaan Ijin

Sasaran Kompetensi :
§  Mampu mengetahui pemakaian Permintaan Ijin dan aplikasinya dalam suatu kalimat
§  Mampu merangkai kalimat dengan menggunakan Permintaan Ijin dalam kalimat
§  Mampu mendemonstrasi-kan kalimat yang berhubungan dengan Permintaan Ijin dalam kehidupan sehari-hari dan lingungan kerja
§  Mampu menggunakan Permintaan Ijin yang baik dan benar kepada pelanggan
 

Kata Kerja Permintaan ijin
Kata Kerja Bentuk TE yang ditambah dengan moo ii desu  berarti menyatakan kalimat permintaan ijin / memberikan ijin bentuk sopan
  • Kata Kerja bentuk TE  mo ii desu ka    :     Bolehkah untuk melakukan ...
  • Kata Kerja bentuk TE mo ii desu          :     Boleh untuk melakukan ...
  • Kata Kerja bentuk Te Negatif  mo ii desu : Tidak boleh /  Tidak perlu untuk …..
Atau dengan :
  • Akar kata kerja masu kei wa ikemasen      : Tidak boleh …..


Catatan :
Kata Kerja bentuk Nai + TE à ….. Nakute

Kata Kerja bentuk Nai ( Nai kei )

Grup
Akhiran
Kata Kerja
Jishou Kei
Kata Kerja Dasar
NAI kei
Kata Kerja
Bentuk Negatif
Imi / Arti
I
(Godan Doushi)
..U
..Tsu
..Ru
..Bu
..Mu
..Nu
..Ku
..Gu
..Su
Kau
Motsu
Tomaru
Yobu
Yasumu
Shinu
Kiku
Isogu
Hanasu
Kawanai
Motanai
Tomaranai
Yobanai
Yasumanai
Shinanai
Kikanai
Isoganai
Hanasanai
Tidak Membeli
Tidak Membawa /Memegang
Tidak Menginap / Berhenti
Tidak Memanggil
Tidak Istirahat
Tidak Meninggal/Mati
Tidak Mendengar/Bertanya
Tidak Terburu-Buru/Cepat-Cepat
Tidak Berbicara
II
(Ichidan Doushi)
..Iru
..Eru
Okiru
Taberu
Okinai
Tabenai
Tidak Bangun Tidur
Tidak Makan
III
(Fukisoku Doushi)
Kuru
Suru
Motte Kuru
Ryokou Suru
Motte Konai
Ryokou Shinai
Tidak Datang Membawa
Tidak Berwisata
Catatan :
Imasu à Inai
Arimasu à Nai

Kata Kerja Bentuk Negatif (Nai Kei)
Kata Kerja Bentuk TE Negatif ( Nai Kei )
Kawanai
Kawanakute
Motanai
Motanakute
Tomaranai
Tomaranakute
Yobanai
Yobanakute
Yasumanai
Yasumanakute
Shinanai
Shinanakute
Kikanai
Kikanakute
Isoganai
Isoganakute
Hanasanai
Hanasanakute
Okinai
Okinakute
Tabenai
Tabenakute
Motte Konai
Motte Konakute
Ryokou Shinai
Ryokou Shinakute

§  Bolehkah saya pakai toilet                                    : Toire o tsukatte mo ii desu ka
Ya, silahkan . boleh menggunakan toilet              : Hai, douzo. Toire o tsukatte mo ii desu
Tidak , tidak perlu menggunakan toilet                 : Iie, Toire o tsukawanakute mo ii desu
§  Bolehkah saya pergi ke supermarket malam ini  : Suupaa e itte mo ii desu ka
Ya , Boleh pergi ke super market malam ini        : Hai, Suupaa e itte mo ii desu
§  Bolehkah saya masuk ke kamar Tuan Tamu      : Okyaku sama no heyea o haitte mo ii desu ka
Tidak, tidak boleh masuk ke kamar saya            : Iie, hairanakute wa ikemasen

§  Kurejitto kaado o karite mo ii desu ka                 
Bolehkah saya pinjam  kartu kredit anda            

§  Sumimasen, Kurejitto kaado kashite kudasaimasenka
Mohon pinjamkan   kartu kredit anda 

Renshuu (Latihan)

  1. Ari san, anata no kuruma o tsukatte mo ii desu ka
Hai, ……………………………………………………
  1. Hayashi sensei, kyoushitsu o dete mo ii desu ka
Iie, ……………………………………………………
  1. Kono tabemono o tabete mo ii desu ka
Hai, ……………………………………………………
  1. Sumimasen, uchi e kaette mo ii desu ka
Iie, ……………………………………………………
  1. Isuramukyuu de wa osake o nonde mo ii desu ka
Iie, ……………………………………………………


******************

Tidak ada komentar:

Posting Komentar